Rabu, 23 Mei 2018

Penyebab Kutil Dibadan dan Cara Mengatasinya

Kutil merupakan tonjolan pada kulit sebagai hasil penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan. Umumnya berukuran kecil, meski ada pula yang cukup besar.

Kutil bisa muncul di mana saja di bagian tubuh manusia. Dari kaki, punggung, wajah, hingga yang seringkali terjadi pada tangan atau jari tangan. Kelainan kulit jenis ini umumnya kasar saat diraba dan terkadang ditandai oleh adanya titik hitam kecil.

Gejala Human Papilloma Virus ( HPV ) 
HPV sering sembuh tanpa pengobatan. Namun, terdapat keadaan di mana jenis lain HPV tetap ada dan menyebabkan kutil atau kanker alat kelamin.

Kutil pada alat kelamin mungkin berawal dari semacam luka kecil, yang kemudian terbuka dan berdarah, menjadi kutil, akhirnya mengering dan sembuh setelah beberapa hari. Luka dan kutil seringkali disertai dengan flu sehingga gejala ini mungkin tampak seperti demam dan kelenjar limfa yang membengkak. Anda mungkin sulit membedakan kutil dengan jerawat dan ingrown hair.


Kebanyakan kasus kanker karena HPV adalah kanker serviks, atau kanker tenggorokan dan lidah. Tanda-tanda kanker serviks mungkin termasuk pendarahan atau keluarnya cairan dari dalam vagina, pendarahan di antara periode setelah hubungan seks atau saat menopause. Selain itu, terdapat gejala lain seperti sakit pada perut bagian bawah atau area pelvis dan pada saat berhubungan intim.

Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang tanda ini, konsultasikanlah kepada dokter.

Apa Penyebab Human Papilloma Virus ?
Virus bernama human papillovirus (HPV) menyebabkan kutil. Tipe 6, 11, 16, dan 18 menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks.

HPV menular secara seksual. Virus masih bisa menyebar walaupun orang yang membawa virus tidak memiliki gejala atau tidak merasa sakit. Kutil dan kanker serviks dapat terbentuk dalam beberapa tahun setelah paparan HPV.

Pilihan Pengobatan Untuk Human Papilloma Virus (HPV)?
Karena virus yang menyebabkan penyakit biasanya muncul setelah waktu yang sangat lama, pengobatan akan tergantung jenis penyakit:
  • Kutil Kelamin: cara paling sederhana untuk menyembuhkan kutil adalah sabun berbusa lembut/krim. Untuk mengobati jerawat batu, Anda juga bisa menggunakan salep dingin atau panas untuk menghilangkan jerawat. Penyakit mungkin berlangsung selama beberapa bulan pengobatan. 
  • Kanker: dokter akan menyediakan perawatan tergantung tahap tumor serta status dan kesehatan pasien. Untuk kanker, Anda perlu dites secara teratur untuk mencegah risiko penyakit sebelum tumor terbentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar